Yuk ! Kenali 5 Browser Utama di Android Untuk Berbagai Kebutuhanmu

Pada umunya browser untuk perangkat seluler cenderung lebih sederhana dan fiturnya terbatas, jika dibandingkan dengan versi desktop. Tapi hal ini bukan berarti seluruhnya browser mobile itu tak berguna sama sekali.
Yuk ! Kenali 5 Browser Utama di Android Untuk Berbagai Kebutuhanmu
Browser - Browser Utama di Smartphone Android
Untuk Browser mobile termasuk Android, rata - rata tampilannya merupakan pengecilan dari versi dekstop dan fokus pada satu hal tertentu saja. Para pengguna mungkin sedikit bingung bila harus memilih satu dari sekian banyak aplikasi yang beredar di Play Store dan Google Play.

Berikut ini adalah uraian 5 browser terbaik di perangkat seluler yang telah dirangkum oleh Tekno Aldebran :

1. Google Chrome

Browser Chrome saat ini sangat identik dengan dunia internet. Sejak diluncurkan untuk sistem operasi Android di tahun 2012 yang lalu, browser ini telah dipakai oleh banyak pengguna di berbagai negara di dunia.

Fitur-fitur unggulan yang ada didalamnya berfokus pada persoalan fleksibilitas pengunanya. Misalnya dalam memberi saran saat pengguna mulai mengetik di kolom pencarian web, menyalakan mode privasi, serta menuliskan seluruh info pengguna ke dalam formulir online secara otomatis.

Kita bisa mengoptimalkan kinerja browser ini jika memilki akun Google. Akun ini berfungsi untuk menyamakan data dalam seluruh browser Google yang kita pakai, baik mobile ataupun desktop.

Selain itu, ada juga fitur "Data Saver". Fitur ini berfungsi untuk memperkecil ukuran sebuah web, sehingga pada saat dibuka hanya akan memakai sedikit kuota internet (bandwith).

~ Chrome sangat cocok dipakai untuk oleh siapa saja yang sudah menggunakan bebagai produk dari Google.

2. Mozilla Firefox

Mozilla telah merilis Firefox sejak tahun 2002 yang lalu, namun untuk edisi Android baru diluncurkan pada tahun 2012. Salah satu keunggulan browser ini adalah adanya ketersediaan ekstensi (fitur tambahan).

Firefox untuk perangkat Android bisa memakai ekstensi buatan dari perusahaan lain. Misalnya AdBlock Plus yang Bisa memblokir iklan, Speechify yang mampu membacakan teks, serta LastPass untuk mengelola password.

Fitur lainnya yang menarik dari Firefox adalah mode malam hari (night mode). Saat mode ini diaktifkan, browser akan meredupkan warna situs web yang dibuka dengan tujuan untuk mengurangi ketegangan otot mata.

Adapun kelemahannya, Firefox ini tidak memiliki alat penghemat konsumsi data.

~ Firefox sangat cocok dipakai oleh pengguna yang mau menyediakan waktu untuk melakukan modifikasi. Pasalnya, setiap ekstensi tersebut harus dicari terlebih dahulu sebelum di pasang.

3. Opera

Bursa pasar Opera di bagian browser mobile memang kecil, terhitung hanya berada di kisaran satu digit. Namun perusahaan yang satu ini, bisa dikatakan penuh dedikasi dan terus - menerus merilis fitur terbarunya.

Perusahaan dari Norwegia ini membuat Opera Mobile beroperasi sebagai turunan dari browser versi desktop mereka. Browser mobile itu pun kerap melakukan pembaruan, baik berupa perbaikan atau penambahan fitur terbaru yang signifikan.

Saat ini, fitur terbaru mereka adalah pemblokir iklan yang sangat efektif mencegah kemunculan pop-ups, interstitial, serta banner iklan. Selain itu ada juga dukungan untuk pemindaian QR code, kolom pencarian web yang bisa diatur, video atau gambar dan Opera Turbo, fitur yang berfungsi menghemat pemakaian data.

Jika pengguna memiliki akun dan menggunakan opera di beberapa perangkat sekaligus, maka pengguna bisa melakukan sinkronisasi data.

~ Dengan segala kemudahan dan keunggulan fiturnya, Opera menjadi browser yang cocok dipakai oleh pengguna yang menginginkan keseimbangan dalam penggunaan perangkat seluler.

4. Puffin

Nama Browser Puffin mungkin sangat asing dan jarang terdengar dibandingkan tiga browser yang telah disebutkan sebelumnya. Akan tetapi, Puffin juga memiliki keunggulan unik yang tidak dimiliki oleh browser - browser lainnya. 

Browser Puffin bisa untuk memodifikasi kursor mouse, punya gamepad virtual, keyboard bawaan virtual, dan fitur untuk memodifikasi tema tampilan browser.

Keunggulan yang membuatnya berbeda dengan browser lain adalah sangat mendukung untuk konten Adobe Flash. Puffin memakai remote server untuk mengunduh, memproses serta streaming permainan berbasis Flash ke perangkat seluler. Namun permainan yang berupa data Flash tersebut terbatas hanya selama 12 jam per-hari. Selain itu, Puffin juga memiliki mode privasi dan berbagai fitur tambahan lainnya seperti Twitter, Facebook, serta Pocket.

~ Browser Puffin sangat cocok dipakai oleh penggemar aplikasi atau game yang berbasis Adobe Flash. 

5. Dolphin

Browser yang berlogo lumba - lumba ini sempat menjadi sorotan di dunia browsing karena merupakan yang pertama mendukung fitur multi-touch. Saat ini mereka sedang melakukan pembaruan dengan berbagai fitur yang menarik lainnya.

Salah satunya adalah Dolphin Sonar yang memungkinkan pengguna bisa memberikan perintah dalam bentuk kalimat dan suara yang rumit. Misalnya, untuk memberi perintah "Search eBay for Nike Shoes" yang artinya "Cari sepatu Nike di eBay."

Keunggulan lainnya adalah fitur pemintas berdasarkan gestur sentuhan. Contohnya, pengguna cukup mengusap layar ponsel dengan bentuk huruf "T" untuk membuka Twitter, bentuk huruf "W" untuk membuka Whatsapp.

Sama seperti browser sebelumnya, Dolphin juga mendukung fitur tambahan seperti tab, privasi, alat pengisi formulir secara otomatis, dan manajemen password.

~ Browser Dolphin sangat cocok dipakai untuk pengguna yang ingin mendapatkan banyak fitur sekaligus.

Berlangganan Artikel Terbaru

Share on Google Plus

About TEKNO ALDEBRAN

Blog berbagi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi tentang Komputer, Mobile, Elektronika, Internet, Info Teknologi serta Tips dan Trik.