Inilah Fakta Unik Perbedaan WiFi 5G dengan Jaringan 5G

Teknologi jaringan 5G merupakan teknologi yang lebih kencang dibandingkan dengan teknologi jaringan 4G. Teknologi 5G tersebut saat ini semakin banyak diproduksi oleh banyak perusahaan ponsel pintar (smartphone). Ternyata istilah "5G" tidak hanya melekat pada sebutan untuk jaringan generasi kelima. Akan tetapi istilah "5G" juga melekat pada Teknologi WiFi yang disebut "WiFi 5G". Lantas, apa perbedaan antara jaringan 5G dengan WiFi 5G? Yuk, simak pembahasan berikut ini.

Perbedaan WiFi 5G dengan Jaringan 5G

Standar jaringan seluler yang terbaru saat ini sudah menggunakan teknologi jaringan 5G. Dalam hal tersebut, teknologi 5G hadir sebagai penerus dari teknologi 4G. Isilah "5G" sendiri berarti "Generasi Kelima" dan merupakan teknologi yang dirancang memiliki kecepatan yang lebih tinggi dan latensi yang lebih rendah dibandingkan 4G LTE.

Smartphone yang memiliki teknologi 5G pertama kali diluncuran pada tahun 2019. Teknologi jaringan 5G tersebut diprediksi akan menjadi penunjang yang sangat penting untuk perangkat IoT (Internet of Things). Walaupun teknologi 5G telah diakui sebagai standar jaringan terbaru, akan tetapi teknologi tersebut tidak ada hubungan sama sekali dengan WiFi 5G. Bahkan, pada smartphone 4G pada saat sekarang ini ada yang sudah support WiFi 5G. Istilah "5G" pada WiFi 5G itu sendiri bukan berarti teknologi generasi kelima seperti pada jaringan seluler 5G, akan tetapi berarti "5 Ghz". Pada WiFi 5G menggunakan dua pita frekuensi yaitu pita frekuensi 5 Ghz dan 2,4 Ghz. Pita frekuensi 5 Ghz sudah digunakan sejak tahun 2009 yang lalu hingga saat ini dengan standar 802.11n.

WiFi 5 Ghz memiliki kelebihan yaitu dapat mentransmisikan data dengan kecepatan yang lebih tinggi. Akan tetapi, WiFi 5Ghz juga memiliki kekurangan yaitu  pada kualitas jangkauannya yang lebih pendek sehingga kurang efektif jika digunakan untuk menembus ruangan dengan tembok yang berlapis tebal. Disisi lain, pada WiFi 2,4 Ghz memiliki kelebihan yaitu memiliki panjang gelombang dengan jangkauan pita frekuensi yang lebih luas dan lebih andal dalam menembus tembok yang berlapis tebal. Akan tetapi WiFi 2,4 Ghz juga memiliki kekurangan yaitu memiliki kecepatan transmisi data yang labih lambat dibandingkan WiFi 5 Ghz.

Sebuah Smartphone yang diproduksi bisa memiliki WiFi 5G dan fitur 5G sekaligus dalam satu perangkat. Sebuah smartphone dapat mendukung jaringan 5G jika sudah terpasang oleh chip modern dan antena yang dapat menerima sinyal 5G tersebut. Sedangkan untuk fitur 5G saat ini sudah banyak terdapat pada smartphone pada umumnya.

Lantas, kenapa disebut dengan WiFi 5G? hal ini dikarenakan istilah tersebut merupakan istilah yang tidak resmi yang sudah sering digunakan sejak mondominasinya jaringan seluler 3G dan 4G. WiFi 5 Ghz disebut oleh banyak orang dengan sebutan WiFi 5G karena lebih mudah dalam penyebutannya. Akan tetapi, lama - kelamaan seiring dengan semakin terkenalnya teknologi seluler 5G ditengah masyarakat mengakibatkan istilah "5G" menimbulkan konflik atau kesalahpahaman. oleh karena itu, jika kamu menemukan istilah 5G pada kata "WiFi 5G", itu bukanlah berati teknologi jaringan seluler 5G, akan tetapi maksud yang lebih tepatnya yaitu WiFi 5 Ghz.

Sekian pembahasan kali ini tentang Inilah Fakta Unik Perbedaan WiFi 5G dengan Jaringan 5G. Semoga Bermanfaat.

Berlangganan Artikel Terbaru

Share on Google Plus

About TEKNO ALDEBRAN

Blog berbagi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi tentang Komputer, Mobile, Elektronika, Internet, Info Teknologi serta Tips dan Trik.