Korea Selatan Ciptakan Robot Avatar Terbaru

Korea Selatan (KORSEL) memproduksi sebuah robot raksasa seperti di film Avatar. Robot ini dikendalikan oleh operator dari kokpit dan bisa juga dioperasikan di kawasan berbahaya atau gawat darurat. Juga berkemungkinan dimanfaatkan dalam bidang Kemiliteran.
Korea Selatan Ciptakan Robot Avatar Terbaru
Robot Avatar Terbaru Korea Selatan
Robot Avatar yang diberi nama Method II ini diproduksi oleh Perusahaan Hankook Mirae Technology, yakni sebuah perusahaan yang  bergerak di bidang robotika di ibukota Seoul, Korea Selatan. Robot dengan bobot 1,5 ton yang berukuran dua kali tinggi tubuh manusia itu dirancang dan diproduksi oleh 30 insinyur muda. Ini merupakan robot bipedal atau bergerak dengan dua kaki seperti halnya gerakan manusia.

Yang Jin-Ho, pimpinan Hankook Mirae Technology menyatakan; " Ini merupakan robot bipedal berawak pertama di dunia. Robot Avatar ini dirancang untuk bisa bekerja di kawasan yang sangat berbahaya, dimana manusia tidak bisa dikerahkan ke sana tanpa dilengkapi dengan pelindung khusus." Yang Jin-Ho mengungkapkan bahwa ia telah menginvestasikan uang sekitar 200 juta US Dolar sejak tahun  2014 untuk mewujudkan impiannya yaitu membuat robot Avatar pertama di dunia yang bisa bergerak seperti di dalam filmnya. " Selain bisa dikendalikan dari bagian kokpit, robot ini juga dirancang bisa dikendalikan dengan menggunakan remote control", ucap pimpinan Perusahaan Hankook Mirae Technology tersebut.

Cakupan pemanfaatan yang luas

Sejauh ini, Perusahaan Hankook Mirae Technology tidak merinci pemanfaatan robot Avatar Method II itu. Pimpinan perusahaan robotika tersebut hanya menyebutkan bahwa robot Avatar ini nantinya akan menjadi basis bagi pengembangan beragam teknologi robotika di masa depan. Dengan itu, perusahaan akan mampu mengembangkan beragam tipe dan ukuran robot bipedal.

Sejauh ini menurut Yang Jin-Ho, Robot Avatar buatannya hanya akan digunakan di bidang sosial dan hiburan. Seperti yang digunakan dalam industri perfilman, di taman-taman rekreasi atau di bidang konstruksi bangunan dan industri sipil lainnya.

Namun juga tidak menutup kemungkinan bahwa pemanfaatan robot Avatar raksasa tersebut untuk tujuan militer. Salah satu contohnya adalah untuk melakukan patroli di wilayah darat dan pengamanan di zona demiliterisasi antara Korea Selatan dan Korea Utara.

( Baca  Juga : Ilmuwan Jepang Ciptakan Robot Lebah untuk Tingkatkan Panen Madu )

Berlangganan Artikel Terbaru

Share on Google Plus

About TEKNO ALDEBRAN

Blog berbagi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi tentang Komputer, Mobile, Elektronika, Internet, Info Teknologi serta Tips dan Trik.