DIODA

Dioda merupakan Komponen Elektronika Aktif yang terbuat dari bahan Semi-konduktor serta berfungsi sebagai pengahantar arus listrik pada satu arah dan dapat menghambat arus listrik pada arah sebaliknya (berlawanan arah). Oleh sebab itu, Komponen Dioda sering kali difungsikan sebagai penyearah dalam suatu Rangkaian Elektronika. 

Pada umumnya, Dioda terdiri dari 2 terminal (elektroda), yaitu Anoda (+) dan Katoda (-). Prinsip kerja Dioda yaitu berdasarkan teknologi pertemuan sel p - n semikonduktor, yakni mengalirkan arus dari sel tipe-p (Anoda) menuju ke sel tipe-n (Katoda), tetapi tidak bisa mengalirkan arus ke arah yang sebaliknya.   

Dioda
Dioda
SIMBOL DIODA
Berikut ini merupakan bentuk susunan Dioda yang terdiri dari 2 bahan yaitu bahan tipe-N dan tipe-P beserta simbol Dioda :
Susunan dan Simbol Dioda
Susunan dan Simbol Dioda

JENIS - JENIS DIODA & FUNGSINYA
1) Dioda Rectifier / Penyearah
Dioda ini banyak terdapat pada toko elektronik dan paling banyak digunakan pada suatu Rangkaian Elektronika. Sesuai dengan namanya 'rectifier / penyearah' yang berfungsi sebagai penyearah arus AC (bolak - balik) menjadi arus DC (searah) pada suatu Rangkaian Elektronika. Karena Dioda jenis ini umumnya diaplikasikan pada Power Supply, maka rata - rata nilai Kapasitansinya cukup besar bisa mencapai puluhan Ampere dan memiliki tegangan kerja yang sangat tinggi. Berikut ini simbol dan bentuk fisik dari Dioda Rectifier :
Dioda Rectifier
Dioda Rectifier
Dioda jenis ini dapat disebut juga Dioda Biasa / Dioda Bridge. Karena biasanya dipacking dalam satu kesatuan sehingga mempermudah saat pemasangan pada papan PCB sirkuit elektronika. Berikut ini bentuk fisik dan simbol dari Dioda Bridge :
Dioda Bridge
Dioda Bridge
2) Dioda Zener 
Pada umunya, dioda jenis ini bekerja dengan cara memberikan arus maju atau berfungsi sebagai penyearah. Akan tetapi, pada Dioda Zener aliran arus yang diberikan dengan arah terbalik menjadikan rangkaian seolah - olah dishort-kan.

Aplikasi dari Dioda Zener yaitu sebagai penstabil tegangan dan pengaman yang susunannya dapat diparalelkan dengan rangkaian Power Supply. Selain itu, bisa juga diparalelkan dengan komponen Transistor sehingga berfungsi sebagai saklar (switch) atau Transistor penguat arus. Berikut ini simbol dan bentuk fisik dari Dioda Zener :
Dioda Zener
Dioda Zener
Dioda jenis ini memiliki nilai tegangan yang cukup bervariasi yaitu antara 2,4 volt hingga ratusan volt. Selain itu, juga memiliki nilai Daya yang bervariasi hingga 50 Watt. 

3) Dioda Varactor / Varicap
Pada siruit elektronika, Dioda jenis ini banyak digunakan pada Osilator, modul RF, dan rangkaian lain yang berhubungan dengan Frekuensi. Prinsip kerja dasarnya hampir sama dengan Dioda Zener yaitu arus yang dialirkan terbalik. 

Secara fisik, Dioda Varactor ini merupakan gabungan dari Dioda dan Kapasitor. Nilai Kapasitansinya dapat berubah tergantung nilai tegangan yang diberikan pada kaki Dioda. Sehingga dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi nilai tegangan input yang diberikan, maka nilai Kapasitansi yang diperoleh akan semakin kecil. Berikut ini simbol dan bentuk fisik dari Dioda Varactor / Varicap : 
Dioda Varactor / Varicap
Dioda Varactor / Varicap
4) Dioda Photo / Photo Diode
Dioda jenis ini umunya digunakan pada sensor cahaya yang berhubungan dengan rangkaian otomatis, yang dapat berupa saklar otomatis, sistem pengaman, dll. Prinsip kerja dari Photo Dioda yaitu saat badan komponen terkena sinar / cahaya, maka dioda akan mengalirkan arus satu arah seperti halnya Rectifier. Besar nilai arus yang dihantarkan tergantung dari seberapa besar nilai intensitas cahaya yang masuk.

Semakin besar intensitas cahaya yang masuk ke komponen Dioda, maka nilai resistansi Dioda tersebut akan semakin kecil dan nilai arus yang dihantarkan akan semakin besar. Selain itu, Photo Dioda juga digunakan sebagai sensor pada Lux Meter yaitu alat untuk mengukur seberapa besar nilai intensitas cahaya. Berikut ini simbol dan bentuk fisik dari Photo Dioda :
Photo Dioda
Photo Dioda
5) Light Emitting Diode / LED
Banyak orang beranggapan bahwa lampu LED merupakan sepenuhnya hanya sebuah lampu. Tetapi sebenarnya LED merupakan sebuah Dioda yang banyak digunakan untuk penerangan. LED memiliki dua Elektroda yaitu Anoda (+) dan Katoda  (-). Aplikasi LED banyak digunakan sebagai transmisi sinyal cahaya, lampu indikator pada rangkaian, dan panel pada TV layar datar yaitu TV LED. Berikut ini merupakan simbol dan bentuk fisik dari LED :
Light Emitting Diode / LED
Light Emitting Diode (LED)
Prinsip kerja dari LED yaitu dapat bercahaya ketika arus bias melewati bagian antara junction N dan P. Komponen LED ini tetap menggunakan bahan Semi-konduktor walaupun hanya berfungsi sebagai lampu saja. LED ini bisa menghasilkan berbagai variasi warna meskipun warna aslinya adalah warna merah. 

6) Dioda Schottky / Dioda SCR (Silicon Controlled Rectifier)
Dioda jenis ini menyerupai bentuk fisik seperti Transistor karena memiliki 3 kaki terminal. Perbedaan Dioda Schottky dengan Transistor terletak pada 3 kaki terminalnya yaitu :

  • Transistor : Basis (B), Kolektor (K), Emitor (E).
  • Dioda Schottky : Anoda (A), Katoda (K), Gate (G).

Aplikasi dari Dioda Schottky sering digunakan pada saklar otomatis, rangkaian inverter, penguat output vertikal TV, dll. Prinsip kerja dari Dioda Schottky yaitu saat kaki Gate (G) diberi trigger, maka arus dari Anoda (A) akan mengalir ke Katoda (K). Berikut ini merupakan simbol dan bentuk fisik dari Dioda Schottky :
Dioda Schottky / SCR
Dioda Schottky / SCR

PRINSIP KERJA DIODA
Untuk meningkatkan pemahaman kita tentang prinsip kerja dari Dioda dalam menghantarkan dan menghambat arus listrik, berikut ini merupakan contoh penggunaan dan pemasangan komponen Dioda pada suatu rangkaian elektronika :
Cara Pemasangan Dioda pada Rangkaian Elektronika
Cara Pemasangan Dioda pada Rangkaian Elektronika


Sekian pembahasan kita kali ini tentang Komponen Elektronika Aktif yaitu Dioda. Semoga Bermanfaat.

Baca Juga : IC (Integrated Circuit)

Berlangganan Artikel Terbaru

Share on Google Plus

About TEKNO ALDEBRAN

Blog berbagi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi tentang Komputer, Mobile, Elektronika, Internet, Info Teknologi serta Tips dan Trik.