Komponen Elektronika

Dalam dunia kelistrikan khususnya dibidang elektronika, terdapat suatu elemen atau komponen elektronika. Komponen elektronika merupakan suatu komponen utama yang digunakan untuk membentuk rangkaian elektronika tertentu. Hal ini biasanya dikemas dalam bentuk diskrit yang memiliki dua atau lebih terminal penghubung. Dalam suatu rangkaian elektronika, setiap komponen memiliki peran dan fungsinya masing - masing.
- Berfungsi sebagai Penguat.
- Berfungsi sebagai Penghambat.
- Berfungsi sebagai Penyaring.
- Berfungsi sebagai Penghantar.
- Berfungsi sebagai Pengendali.

Selain itu, pada komponen elektronika juga memiliki tipe dan nilainya masing - masing sehingga dapat menjalankan fungsinya berdasarkan ide dan keinginan dari para perancang rangkaian elektronika. Komponen Elektronika terbagi menjadi 2 yaitu Komponen Elektronika Aktif dan Komponen Elektronika Pasif.
Komponen Elektronika Aktif & Komponen Elektronika Pasif
Komponen Elektronika Aktif & Komponen Elektronika Pasif
Berikut ini akan dijabarkan mengenai karakteristik dari kedua komponen tersebut :

KOMPONEN ELEKTRONIKA AKTIF (Active Electronic Components)
Komponen elektronika aktif merupakan jenis komponen elektronika yang membutuhkan arus eksternal supaya bisa beroperasi. Hal ini menandakan bahwa komponen elektronika aktif hanya akan berfungsi jika mendapat sumber arus listrik dari luar. Komponen - komponen elektronika aktif seperti Dioda, Transistor, serta IC (Integrated Circuit) terbuat dari bahan germanium, selenium, silicon, dan metal oxide.

Dioda merupakan Komponen Elektronika Aktif yang berfungsi untuk menghantarkan arus listrik ke satu arah dan menghambat arus listrik dari arah yang berlawanan. Komponen ini terdiri dari dua macam yaitu Anoda dan Katoda. Beberapa contoh dioda seperti :
- DIAC.
- LED (Light Emitting Diode).
- Dioda Penyearah.
- Dioda Zener.
- Dioda Foto.
- Dioda Tunnel.
- Dioda Schottky.
- Dioda Laser.

Transistor berfungsi sebagai Penguat, Pengendali, Penyearah, Mixer, dan Osilator. Komponen - komponen yang termasuk kedalam jenis transistor yaitu :
- Transistor Bipolar (PNP & NPN).
- Transistor Foto.
- MOSFET.
- TRIAC.
- UJT.
- JFET.

Integrated Circuit atau IC merupakana komponen elektronika yang terdiri dari jutaan Resistor, Transistor, dan komponen lainnya yang dipadukan dalam sebuah rangkaian elektronika yang diproduksi dalam ukuran kecil. IC dapat dikelompokkan berdasarkan fungsinya yaitu sebagai berikut :
- IC Comparator (Pembanding).
- IC Pewaktu (Timer).
- IC Switching (Pengendali).
- IC Logic Gates (Gerbang Logika).
- IC Amplifiers (Penguat).


KOMPONEN ELEKTRONIKA PASIF (Passive Electronic Components)
Komponen elektronika pasif merupakan jenis komponen elektronika yang tidak membutuhkan sumber arus listrik dalam pengoperasiannya. Komponen - komponen elektronika pasif seperti Resistor, Induktor, Kapasitor.

Resistor (Hambatan) memiliki fungsi untuk menghambat dan mengatur arus listrik pada sebuah rangkaian elektronika. Satuan dari nilai Resistor adalah Ohm (Ω). Komponen - komponen yang termasuk kedalam jenis Transistor yaitu :
- Resistor yang bernilai tetap.
- Resistor yang dapat diatur hambatannya (variable resistor atau potensiometer).
- Thermistor (PTC dan NTC).
-  LDR (Light Dependent Resistor).
  
Induktor (Coil) merupakan komponen elektronika yang dapat menyimpan energi (muatan) dalam bentuk medan magnet. Induktor terdiri dari susunan lilitan kawat yang membentuk sebuah kumparan. Jika dialiri arus listrik, maka Induktor akan menimbulkan medan magnet. Satuan Induktor adalah Henry (H). Komponen - komponen yang termasuk kedalam jenis Induktor yaitu :
- Iron core inductor
- Air core inductor
- Torroidal core inductor
- Ferrite core inductor
- Variable inductor
- Laminated core inductor

Kapasitor (Capacitor) merupakan komponen elektronika yang dapat menyimpan energi (muatan) dalam bentuk medan listrik. Komponen - komponen yang termasuk kedalam Kapasitor yaitu :
- Kapasitor yang dapat diatur nilai kapasitasnya (VARCO dan Trimmer).
- Kapasitor bernilai tetap (Keramik, kertas, mika, tantalum dan elektrolit).


Sekian pembahasan kita kali ini tentang Komponen Elektronika yang terdiri dari Komponen Elektronika Aktif dan Komponen Elektronika Pasif. Semoga Bermanfaat.

Berlangganan Artikel Terbaru

Share on Google Plus

About TEKNO ALDEBRAN

Blog berbagi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi tentang Komputer, Mobile, Elektronika, Internet, Info Teknologi serta Tips dan Trik.